Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
EVALUASI REALIST TENTANG KEBIJAKAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DI PUSKESMAS KROMENGAN
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : SHERINA JULIA ADININGTYAS |
Dosen Pembimbing | : Puguh Priyo Widodo, Amd.RMIK., S.Si., MMRS |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Jaminan Kesehatan Nasional merupakan salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia dalam bidang kesehatan. Pada pelaksanaannya, mutu suatu pelayanan kesehatan sangat berpengaruh dalam kepuasan masyarakat dalam implementasinya. Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan primer, diterapkan sebuah sistem yaitu Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan. Kapitasi adalah pembayaran biaya pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan Kepada Fasilitas Kesehatan Primer. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi realis capaian KBKP di Puskesmas Kromengan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil capaian angka kontak pada bulan April 40,32‰; bulan Mei 26,6‰; bulan Juni 21,57 ‰; bulan Juli 38,57 %; bulan Agustus 37,41‰, bulan September 31,26 ‰. Untuk hasil capaian RRNS pada bulan April-September yaitu sebesar 0%. Untuk hasil capaian RPPT diperoleh hasil bulan April 0,19%; bulan Mei 0% ; bulan Juni 0,64%; bulan Juli 0,61 %; bulan Agustus 0,31% ,bulan September 0,37%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Angka Kontak dan RPPT tidak memenuhi indikator KBKP. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, hal tersebut terjadi karena dampak pandemik Covid-19 yang menyebabkan turunnya jumlah kunjungan dan ditiadakannya kegiatan prolanis. Untuk mengatasi hal tersebut puskesmas berupaya dengan melakukan entry semua kunjungan di desa (posyandu/ posbindu) baik kunjungan langsung maupun online.